Encuesta

free counters

Pengikut

Translate Your Language

FREE SMS..!

Penggunaan Ibuprofen Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Kalbe.co.id - Penggunaan ibuprofen dikaitkan dengan risiko penyakit Parkinson yang lebih rendah sebanyak 38%. Tetapi penggunaan NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drug) lain seperti aspirin atau acetaminophen tidak memberikan efek protektif tersebut. Hal ini disampaikan oleh Xiang Gao, MD, PhD dari Channing Laboratory (Brigham and Women's Hospital) dan Harvard Medical School, Boston, Massachusetts. Studi ini menggunakan data dari cohort prospektif besar yang masih berjalan, Nurses' Health Study (NHS) dan Health Professionals Follow-up Study (HPFS). Hasil temuan ini didukung oleh studi meta-analisis, yang dipresentasikan pada American Academy of Neurology 62nd Annual Meeting di Toronto, Ontario, Canada.
Proses inflamasi pada sel saraf mungkin berpengaruh terhadap patologi penyakit Parkinson, dan penggunaan NSAID secara umum, dan ibuprofen secara khusus dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit tersebut. Dr Gao dan koleganya telah mempublikasikan laporan serupa di tahun 2003, menggunakan data dari NHS dan HPFS menunjukkan penurunan risiko Parkinson dengan ibuprofen, tetapi bukan aspirin. ((Arch Neurol. 2003;60:1059-1064). Demikian juga pada tahun 2005, menunjukkan penurunan risiko Parkinson sebesar 35% (Ann Neurol. 2005;58:963-967).


Pada studi terbaru ini, peneliti menganalisa data pada 136.197 pria dan wanita (yang bebas dari Parkinson dan penyakit lain pada baseline) yang dimasukkan dalam cohort prospektif dari NHS (sejak 1998) dan HPFS (sejak 2000). Penggunaan NSAID dinilai dengan menggunakan kuosioner. Untuk analisis terbaru ini, peneliti memasukkan data insidens terbaru. Selama 6 tahun periode follow up terjadi 291 insidens penyakit Parkinson. Peneliti melaporkan pengguna ibuprofen secara signifikan memiliki risiko Parkinson yang lebih rendah dibanding yang tidak menggunakan ibuprofen. Lebih lanjut, ada kaitan antara penurunan risiko Parkinson dengan dosis ibuprofen (P = 0,01). Nilai RR 95% CI dari beberapa NSAIDs dari studi tersebut meliputi: ibuprofen 0.62 (0.42 – 0.93) p=0,02, aspirin 0.99 (0.78 – 1.26) p=0,86, acetaminophen 0.86 (0.62 – 1.18) p=0,39, NSAIDs lainnya 1.26 (0.86 – 1.84) p=0,24.

Mekanisme kerja ibuprofen untuk penyakit Parkinson masih belum terlalu jelas, tetapi ibuprofen dapat mengaktifkan jalur PPARy (jalur ini sangat penting untuk Parkinson, karena jalur ini menghambat apoptosis, menekan kerusakan oksidatif, serta meredakan peradangan di otak. Kemungkinan mekanisme inilah yang menyebabkan ibuprofen dapat menurunkan risiko Parkinson, tetapi NSAID yang lain tidak. Langkah penting selanjutnya adalah untuk menyelidiki apakah ibuprofen dapat memperlambat progresivitas penyakit Parkinson pada pasien. Jika hal ini dapat dibuktikan dengan uji klinis, maka ibuprofen dapat menjadi terapi baru yang sangat berguna serta ekonomis untuk Parkinson.

blogarama - the blog directory
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia